Jenis - Jenis Kartu Spell Dalam Yu-Gi-Oh!

Klein 12:32 AM
Ladies and Gentleman?! Balik lagi ni Admin. Setelah post Jenis - Jenis Kartu Monster Dalam Yu-Gi-Oh! sekarang admin mau post Jenis - Jenis Kartu Spell Dalam Yu-Gi-Oh!. Spell Card, disebut Magic Card di TCG hingga rilis Magician's Force, adalah kartu dengan template berwarna hijau yang memiliki berbagai efek untuk mengubah permainan. Seringkali, Kartu Spell memiliki efek tunggal untuk memberikan bonus kepada pengguna atau kelemahan kepada lawan. Tidak seperti Trap Card, Spell Card memiliki keuntungan karena dapat dimainkan langsung tanpa harus di-set terlebih dahulu. Dan Ternyata Spell ada banyak macam-nya juga! Kali ini kita akan bahas macam - macam-nya.

01. Normal Spell
Normal Spell adalah Spell yang hanya bisa diaktifkan digiliranmu, dan hanya bisa diaktifkan di Main Phase 1 dan/atau Main Phase 2 kecuali Kartu Curse of Fiend yang hanya bisa diaktifkan di Standby Phase. Normal Spell tidak memiliki tanda khusus disamping tulisan "Spell Card". Tidak seperti Trap Card yang harus di set terlebih dahulu kemudian menunggu Turn selanjutnya untuk meng-aktifkannya. Spell bisa diaktifkan walau setelah di set digiliran yang sama. Misalkan Kamu mau mengecoh musuh yang punya kartu dengan effect Discard(buang kartu dari tangan), kamu bisa set terlebih dahulu kartu yang menurut kamu tidak boleh sampai terbuang. Dan ketika musuh mengaktifkan effect discard, dia akan membuang kartu kamu yang ditangan. Akhirnya kartu spell yang ingin kamu pakai tidak terbuang, dan kamu bisa aktifkan itu.

02. Continuous Spell
Continuous Spell adalah Spell yang hanya bisa diaktifkan digiliranmu, dan hanya bisa diaktifkan di Main Phase 1 dan/atau Main Phase 2 (sama seperti Normal Spell), perbedaannya adalah Spell ini setelah diaktifkan, akan tetap berada di field. Continuous Spell memiliki tanda khusus disamping tulisan "Spell Card", yakni tanda infinity. Spell ini memiliki kegunaan yang bisa diaktifkan berulang kali, selama Spell ini tetap berada difield (tidak hancur atau sebagainya). Continuous Spell ini ada yang bisa aktif di kedua giliran pemain, atau hanya digiliran sendiri. (Penjelasannya nanti di next post, karna tidak hanya di spell).

03. Equip Spell
Equip Spell adalah Spell yang hanya bisa diaktifkan digiliranmu, dan hanya bisa diaktifkan di Main Phase 1 dan/atau Main Phase 2 (sama seperti Normal Spell), perbedaannya adalah Spell ini setelah diaktifkan, akan tetap berada di field selama monster yang di Equip(pasang) tetap berada di field. Equip Spell memiliki tanda + di samping tulisan "Spell Card". Equip Spell ini setelah diaktifkan, kamu harus memilih monster di field untuk dipasangkan. Ada beberapa Equip yang effect nya adalah target monster di Graveyard atau Banish zone, kemudian special Summon ke Field. Jadi effect nya bermacam-macam, dari yang bisa menambah/mengurangi ATK, DEF, Special Summon Monster, dan lain - lain.


04. Quick-Play Spell
Quick-Play Spell adalah Spell yang bisa diaktifkan di Phase manapun, dan bisa aktif dikedua Giliran Pemain! Dan juga pengaktifan Quick-Play Spell ini bisa di barengin! Atau istilah asli-nya Chain. Misal kamu pertama aktifin Normal Spell, Kemudian kamu bisa sambil aktifkan Quick-Play Spell, maka akan membuat Chain Link 2. Atau saat musuh aktifkan Spell/Trap/Monster Effect, kamu bisa ikutan aktifkan Quick-Play Spell dan akan menjadi Chain Link 2 atau diatasnya(tergantung aktif setelah berapa kartu). Spell ini bisa diaktifkan digiliran lawan, dengan catatan telah di set sebelum-nya, sama seperti Trap Card. Tetapi, berbeda dengan Normal Spell jika setelah di Set, masih bisa diaktifkan di Giliran yang sama. Quick-Play jika sudah terlanjur di Set, kamu tidak bisa mengaktifkannya sampai giliran selanjutnya. Quick-Play Spell memiliki tanda seperti Petir disamping tulisan "Spell Card".


05. Field Spell
Field Spell adalah Spell yang hanya bisa diaktifkan digiliranmu, dan hanya bisa diaktifkan di Main Phase 1 dan/atau Main Phase 2 (sama seperti Normal Spell). Field Spell ini memiliki tanda Kompas disamping tulisan "Spell Card".Field Spell memiliki tempatnya sendiri untuk menaruh kartu ini, tidak sama seperti Spell biasa yang ditaruh belakang. Memiliki keuntungan karena mampu mengubah seluruh keadaan bermain untuk pengontrolnya atau kedua pemain di field. Misal Field Spell diatas ini, punya effect semua monster yang kita control dapat tambahan ATK 500. Selama kartu ini di field, ATK Monster kita akan mendapatkan tambahan. Bahkan Field Spell ini ada yang memiliki effect mencari kartu lain di Deck! Bermacam-macam effect-nya.


06. Ritual Spell

Ritual Spell adalah Spell yang hanya bisa diaktifkan digiliranmu, dan hanya bisa diaktifkan di Main Phase 1 dan/atau Main Phase 2 (sama seperti Normal Spell). Ritual Spell ini digunakan untuk Ritual Summon Ritual Monster. Yah itu inti dari Ritual Spell, ga banyak wkwkwkwk. Tetapi, terkadang ada effect tambahan, ada yang bisa draw, Search, dan Lain - Lain. Biasanya bisa aktif saat Ritual Spell itu ada di Grave(yah ga semua juga). Ritual Spell ini punya tanda Chalice disamping tulisan "Spell Card".

Yak, itulah Jenis - Jenis Kartu Spell Dalam Yu-Gi-Oh! yang memiliki berbagai kegunaan. Jika ada yang bingung atau ada kesalahan penjelasan, silahkan di komentar. Agar cepat diperbaiki.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »